Diet Teman Gagal di Anda? Mengungkap Rahasia Cetak Biru Nutrisi DNA

Pernahkah anda diet keto ? Diet keto merupakan diet tinggi lemak. Mungkin ada dari kita yang ikut – ikutan diet keto karena ada temannya yang berhasil. Anda memangkas habis asupan karbo dan perbanyak konsumsi lemak harian. Namun, alih – alih berat badan menurun, anda malah merasakan lemah luar biasa, pusing, dan terlebih lagi hasil kolesterol anda malah meroket tajam. 

Jumlah makanan yang anda konsumsi sama dengan teman anda. Aturan dietnya sama persis. Lalu kenapa hasil diet anda dengan teman anda bisa jauh berbeda? Jawabannya bukan karena Anda kurang disiplin. Itu karena kode genetik anda. 

Selama ini, kita sering dicekoki dengan istilah: Calories in, calories out (kalori masuk berbanding kalori keluar).  Jadi jika ingin kurus, kurangi porsi makan. Sebaliknya, kalau kalori berlebih, berat badan pasti akan naik. Jika ingin sehat, ikuti tren diet terbaru yang lagi viral. 

Masalahnya, setiap manusia pasti berbeda – beda. Sepiring nasi merah mungkin bisa diolah dengan optimal oleh tubuh si A, tetapi belum tentu optimal juga di tubuh si B, malah bisa memicu lonjakan gula darah. Tidak ada yang universal dalam perencanaan diet karena profil genetik tiap orang tentu berbeda – beda. 

DNA Anda bertindak layaknya sakelar lampu. Makanan tertentu bisa “menyalakan” sakelar pembakaran lemak dan peremajaan sel, sementara makanan yang tidak cocok bisa “menyalakan” sakelar penumpukan lemak dan peradangan. Karena susunan DNA tiap manusia itu 100% unik, maka nutrisi yang dibutuhkan tiap orang pun akan berbeda – beda juga. Itulah mengapa 1 program diet belum tentu efektif ke semua orang. 

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa respon tubuh terhadap nutrisi yang masuk ditentukan oleh variasi dari DNA bawaan tubuh kita:

Pasti banyak dari kita sudah dengar bahwa minum kopi hitam sebelum olahraga itu baik untuk membakar lemak lebih cepat. Namun, tinjauan sistematis yang dilakukan oleh Guest dkk., (2024) mengungkapkan pada orang dengan gen metabolisme cepat, kopi memang meningkatkan performa. Namun, jika Anda mewarisi gen metabolisme lambat, meminum kafein dosis tinggi justru memperburuk performa fisik dan dapat membebani kerja jantung Anda.

Apakah Anda sering menyalahkan karbo sebagai penyebab kegemukan? Sebuah penlitian di jurnal BMJ Nutrition, Prevention & Health (Zabet-Moghaddam dkk., 2023) menunjukkan bahwa orang dengan gen obesitas FTO varian tertentu memiliki interaksi yang sangat kuat dengan indeks inflamasi dari makanan (seperti karbohidrat olahan). Ini artinya ada beberapa orang yang perlu rencana diet yang khusus, dan tidak bisa dipaksakan dengan plan diet pada umumnya. 

Diet tinggi lemak seperti Keto ternyata tidak bisa dilakukan dengna sembarangan. Sebuah studi spesifik pada genetik sehat orang Indonesia di The Indonesian Biomedical Journal (2024) menemukan bahwa varian mutasi gen APOA2 memengaruhi rasio lipid dan risiko kardiovaskular. Ini artinya bagi kelompok yang membawa varian genetik risiko (CC/CT), konsumsi tinggi lemak jenuh malah tidak bisa menurunkan berat badan, tetapi malah bisa melonjakkan kolesterol LDL dan tentunya berbahaya untuk kesehatan kardiovaskular.

Melihat fakta klinis di atas, apakah Anda masih mau mempertaruhkan kesehatan pembuluh darah dan organ Anda hanya untuk mengikuti “Diet Viral” bulan ini?

Terus mencoba berbagai metode diet tanpa mengetahui susunan genetik Anda sama halnya dengan merakit perabot rumit dalam kondisi mata tertutup. Anda mungkin berhasil setelah stres berhari-hari, tetapi kemungkinan besar kesehatan Anda akan “reyot” karena Anda memaksakan nutrisi yang salah.

Mengetahui profil genetik merupakan dasar utama untuk menghentikan kebiasaan menebak-nebak metode diet. Melalui layanan tes nutrigenomik, Anda dapat memperoleh data objektif mengenai respons spesifik tubuh terhadap asupan tertentu, sehingga rencana nutrisi harian dapat disusun secara presisi, aman, dan efektif untuk jangka panjang.